Efek Blogging Terhadap Motivasi Diri

Efek blogging terhadap motivasi diri bukanlah sebuah artikel tentang script efek blog atau efek animasi video bagi kameramen atau sebuah seminar motivasi namun lebih kepada hubungan motivasi hidup di blogsphere ditinjau dari sudut pandang ilmu Psikologi.

Rada gaya banget kayak seorang dosen psikologi aja padahal cuman sekedar mau ikut memeriahkan sebuah kontes yang digelar dalam rangka menyambut perayaan HUT pertama blog milik mas Fadli Muin dengan menggelar kontes seo yang minimalis dan ekonomis gitu sih katanya beliau.

Ketika kita membahas tema kontes yang ekonomis dan minimalis tadi tentunya efek blogging terhadap motivasi diri kita akan merasa berat apalagi jika sudah dihubungkan dengan Search Engine Optimization pasti rasanya bakalan takut dihajar sama jagoan atau jawara sebuah kompetisi seperti ini, namun jangan pernah patah semangat atau patah arang karena menurut pandangan psikologi justru disinilah letak makna dibalik keyword lomba tersebut yakni hubungannya terhadap motivasi diri.

Banyak sekali kajian psikologi menguraikan efek blogging tadi meskipun belum dijelaskan secara gamblang namun kajian psikologi dari cabang psikologi terapan itu seperti bagaimana cara kita mengelola keseimbangan psikologis lewat aktifitas di media online berupa weblog tersebut atau bahkan tips menghindari trauma pasca postingan di sebuah perlombaan seoyang habis disikat sama blogger berbulu domba pemilik hobby copy paste posts kita bahkan mungkin pada skala kecil seperti efek blogging terhadap motivasi diri.

Manajemen mental serta perilaku ini mutlak dimiliki oleh setiap pemiliki website, portal atau web-blog karena disadari atau tidak efek motivasi itulah kelak akan membuat besar sebuah nama karena jika kita terkenal sebagai seorang plagiator atau jika meminjam istilah psikologi boleh dianalogikan sebagai klepto yakni penyimpangan perilaku dengan wujud suka menyimpan milik orang lain tanpa sepengetahuan pemiliknya parahnya lupa mengembalikannya :P so gak mau kan dibilang penderita kleptomania dalam blogspheere oleh psikolog di Indonesia? huehuehuehuehue.

Kembali lagi stuffing dan menyindir kontes yang membawa imajinasi terbang berkhayal menuju kalimat dari rangkaian kata "efek blogger terhadap motivasi diri" agar bisa mewakili pandangan psikologi konseling atau psikologi sosial dengan rangkuman singkat berikut ini :
  1. Bergabunglah forum komunitas agar ide maupun imajinasi mampu berkembang dan muncul ketika hendak membikin suatu published artikel.
  2. Jalinlah persahabatan bersama blog para blogger tanpa membedakan kasta mau dia kasta sudra maupun kasta brahmana jangan pernah bedakan platform serta engine mereka, mau pake blogspot, wordpress, blogengine, drupal, joomla pokonya semua saudara dan satu bendera yakni blogger Indonesia.
  3. Jika mengalami kegagalan dalam sebuah persaingan kata kunci jangan lantas dijadikan alasan untuk patah semangat atau patah arang karena pintu awal meraih efek blogging terhadap motivasi diri berati telah kita masuki, terus kembangkan pemikiran jaring relasi sebanyak mungkin.
  4. Seringlah membaca jurnal psikologi di internet karena itu bisa membawa kepada semangat baru dan menghindari vakum ide jika imajinasi sedang buntu, mulailah membaca dan rangkai sebuah postingan minimalis namun sarat makna.
  5. Buatlah tulisan sekitar 200 kata dengan struktut template sedap dipandang mata, hindari artikel panjang melebihi 400 kata kecuali digunakan untuk kontes yang mensyaratkan hal tesebut seperti tulisan segede gaban di bawah ini : (migreen - emang sakit kepala?) .
  6. Hindari dibilang blogger somse alias sombong sekali karena gak mau reply comments,  buruan aja reply semua komentar yang masuh tapi kalo comments yang masuk berbau spam abaikan saja gak usah reply juga gakpapa. :P


Okelah kalau begitu daripada pembahasan psikologi makin ngelantur pokoknya intinya ngeblogs harus anti patah arang dan patang semangat baik positif  maupun negatif nikmati aja efek blogging terhadap motivasi diri kita gak perlu terjebak vakum ide dan dangkalnya imajinasi belajarlah di kontes yang skala kecil dulu untuk menjajal kemampuan tetap semangat walupun patah sayap yang penting jangan patah pucuk. huhauahuahua, kalo patah bagian pucuk bisa bahaya buat memperbaiki keturunan.
Terkait Blog Minimalis Tentang Blogging, Kameramen, Efek Blogging Terhadap Motivasi Diri, Psikologi, SEO


5 komentar:

Efek Blogging Terhadap Motivasi Diri mengatakan...

wah bro mantap posisinya, terus maju, saling dukung yah???

Ricky mengatakan...

Sip mas, semoga menjadi jawara yah..

Empunya Blog mengatakan...

@Ericaz.co.cc : Hmm, seperti nama lama yang pernah aku kenal, hihihihihie. maju juga bro, lanjutkan perjuanganmu! Makasih udah berkunjung.
@Ricky : Waduh kalo jadi juara gak berani ngimpi deh, yg penting gak jadi keledai aja udah syukur. Thx dah ngeset dimari sob.

Mukhtaruddin mengatakan...

Salam Kenal and salam blogging sob...

Empunya Blog mengatakan...

@ Mukhtaruddin : Salam kenal juga sob, and salam blogging... Sorry kalo kelamaan approve comments, lagi jarang nonkrongin blog ini.