Pandangan Kearifan Tradisional

Pandangan Kearifan Tradisional - Dalam pendekatan welfare people ini, masyarakat kearifan lokal mesti difasilitasi dan didorong oleh Pemerintah untuk mensejahterakan diri dan memanfaatkan sebesar-besarnya kawasan hutan dengan pemberian kepercayaan tradisional dan pengakuan atas hak-hak mereka sebagai bagian dari pandangan kearifan tradisional ekosistem, yang tak terpisahkan.


Sebab dalam pandangan kearifan tradisional, masyarakat lokal menjadi rusak apabila hutannya rusak, dan demikian pula pandangan sebaliknya. Karena itu sejak nenek moyangnya hingga sekarang ini masyarakat lokal sekitar kawasan hutan tanpa diminta atau tanpa bahasa kewajiban menurut regulasi pandangan kearifan tradisional pun senantiasa menjaga kelestarian kawasan hutan sekitarnya, memanfaatkan secukupnya dari hutan tanpa merusak ekosistemnya.

Pendekatan kesejahteraan rakyat ini pandangan penulis dalam kaitannya dengan hutan dayak di Kalimantan Selatan mesti dipandang sebagai bagian yang paling urgen dari upaya diseminasi, pengakuan, pemenuhan, penegakan, dan pemajuan hak-hak asasi manusia. Terlebih-lebih lagi jika dikaitkan dengan eksistensi kearifan tradisional dan keberadaan masyarakat lokal di Kalimantan yang tergolong sebagai Etnis Minoritas. Sungguh suatu tragedi apabila pandangan kearifan tradisional terhadap Etnis Minoritas ini terjadi tirani regulasi dan kebijakan, terjadi peminggiran, pembodohan dan pemiskinan berlanjut.
Terkait Blog Minimalis Tentang Blogging, Kameramen, Efek Blogging Terhadap Motivasi Diri, Psikologi, SEO


Tidak ada komentar: